5 Produk Skincare yang Wajib Dibawa Saat Traveling
Saat traveling, kesehatan kulit tetap harus dijaga. Maka dari itu penting membawa produk skincare dalam daftar barang bawaan. Namun, produk-produk tersebut harus diprioritaskan.
Traveling merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tentu ada tujuan tersendiri yang ditempuh dari aktivitas ini, baik sendirian atau bersama sekelompok teman. Selain menentukan destinasi wisata yang akan dituju, orang-orang juga harus memikirkan perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat jauh dari rumah, apalagi jika harus menetap selama beberapa hari. Tas, ransel, atau koper pasti terisi benda-benda krusial yang diperlukan ketika melakukan traveling. Hal yang tidak luput dari perhatian yaitu produk perawatan kulit atau skincare. Bagaimanapun juga, kulit tetap membutuhkan nutrisi meskipun sedang dalam perjalanan. Produk-produk ini pasti selalu ada, terletak pada wadah khusus yang terpisah dari benda lain. Brand-brand kecantikan kini semakin marak menciptkan kemasan travel size yang lebih sederhana, sehingga tidak terlalu makan tempat. Namun, sebenarnya skincae bukan sesuatu yang dapat memenuhi space tas bawaan begitu saja. Sebab, kamu bisa memilih jenis produk apa saja yang sebaiknya dibawa. Tidak semuanya harus masuk ke wadah agar perjalnan tetap nyaman.
Yuk, simak produk apa saja yang sebaiknya kamu bawa saat traveling!
Facial Wash atau Pembersih Wajah

Mengingat traveling biasanya kebanyakan di luar ruangan, maka kamu wajib membawa facial wash di dalam travel bag. Pembersih wajar memiliki fungsi utama untuk mengangkat kotoran yang menempel pada wajah. Kotoran pada kulit jika dibiarkan terus menerus nantinya dapat menyumbat pori-pori yang menimbulkan tumbuhnya komedo, jerawat, serta kulit kusam. Ada beberapa tipe facial wash yang beredar di pasaran, yaitu bentuk gel, lotion, atau krim. Pemilihan produk pembersih wajah harus disesuaikan dengan kulit, jadi tidak boleh sembarangan. Setiap orang punya jenis kulitnya masing-masing, entah berminyak, kering, sensitif, dan sebagainya. Kamu perlu mengenali jenis kulit untuk menemukan pembersih wajah apa yang cocok, karena kalau sampai salah hasilnya bisa berkebalikan. Kemudian, jangan lupa periksa komposisi di balik kemasan. Sejumlah bahan sebaiknya dihindari, misalnya alkohol, fragrance sintetis, serta paraben. Lalu, perhatikan pula pH formula. Rata-rata pH face wash yang baik ada pada angka 5.5 atau seimbang. Terakhir, pilih ukuran yang relatif kecil agar muat dimasukan ke dalam pouch skincare.
Moisturizer atau Pelembap

Berikutnya tidak kalah penting dari pembersih wajah yaitu moisturizer atau pelembap. Dari namanya saja sudah kelihatan, fungsi dari produk ini yaitu memberikan kelembapan pada kulit. Selain itu, pelembap membantu menghidrasi kulit dan mengunci kadar air yang ada pada kulit. Pelembap memiliki kerja mencegah penguapan lebih cepat, sehingga menghasilkan kulit yang tetap segar dan glowing. Kulit yang lembap akan minim terkena iritasi. Kamu bisa memilih pelembap sesuai kebutuhan kulit. Ada bentuk gel, lotion, dan krim. Kamu bisa memilih salah satu yang cocok dengan jenis kulit. Lumrahnya, kulit kering lebih cocok dengan peembap jenis krim atau olesan. Lalu, pelembap berbentuk gel atau lotion lebih cocok untuk kulit berminyak karena dianggap lebih ringan. Sedangkan kulit sensitif harus memperhatikan beberapa aspek, khususnya dari bahan-bahan yang digunakan. Kulit sensitif sangat rentan dengan sesuatu yang sintetis, memmicu alargi, dan sejenisnya. Pilih produk yang menenangkan kulit jika milikmu adalah sensitif. Moisturizer atau pelembap ini bisa kamu gunakan 2-3 kali sehari, tergantung seberapa padat aktivitasmu ketika traveling.
Sunscreen atau Tabir Surya

Masuk ke nomor berikutnya, kamu harus membawa benada ini, apalagi kalau main-main di luar ruangan dalam waktu lama. Ya, siapa lagi kalau bukan sunscreen atau tabir surya. Produk ini memiliki fungsi untuk menyerap serta memantulkan sinar UV dari matahari. Diketahui bahwa sinar UV dapat merusak sel-sel kulit, membakarnya, bahkan memicu tumbuhnya penuaan dini. Oleh karena itu, tingkat kepentingan dari sunscreen sangat tinggi. Kamu akan menemukan dua jenis sunscreen yang bisa dipilih. Pertama, ada chemical sunscreen yang mampu menyerap sinar UV dan mengubahnya jadi energi panas, lalu dilepaskan tubuh. Kedua, physical sunscreen yang punya teknologi memantulkan sinar UV sehingga tidak akan sampai ke permukaan. Kedua produk ini punya kelebihan serta kekurangan masing-masing. Chemical sunscreen memang jarang sekali menimbulkan whitecast, tapi perlu waktu untuk mengaktifkan produk ini. Sedangkan physical sunscreen sering menimbulkan whitecast dan agak berat, meskipun proteksinya lebih tinggi. Pengaplikasian sunscreen bisa kamu lakukan dengan takaran 2 jari. Re-apply setiap dua jam sekali untuk perlindungan maksimal. Cari sunscreen yang muda dibawa atau mudah digunakan. Jelasnya, ukuran botolnya harus mini agar tidak memenuhi lebih banya ruang.
Lip Balm atau Pelembap Bibir

Tidak hanya kulit yang butuh nutrisi, tetapi bibir pun membutuhkannya agar tetap plumpy setiap hari. Lip balm adalah produk khusus yang diaplikasikan pada bibir dengan tujuan melembapkan dan melindungi bibir dari risiko pecah-pecah. Di samping itu, saat ini kebanyakan produk lip balm telah memiliki kandungan yang mampu meregenerasi kulit bibir saat mengelupas atau terluka. Lip balm memang produk yang relatif kecil, bentuknya bisa berupa stick atau gel dalam wadah, jadi memang sejak awal tidak memakan banyak tempat. Lip balm yang umum dijual di pasaran yaitu tanpa warna dan minim aroma. Teksturnya padat dan ketika diaplikasikan ke bibir terasa seperti lilin. Hal ini disebabkan lip balm memang mengandung zat lilin alami dari beeswax atau carnauba. Ada juga lip balm yang menawarkan hasil warna bibir merah mudah alami. Beberapa diantaranya pun memiliki aroma buah-buahan yang manis. Namun, kamu bisa mengambil opsi lip balm yang mengandung vitamin E juga SPF agar proteksi terhadap bibir maksimal.
Handbody atau Lotion

Untuk produk yang satu ini ternyata cukup memiliki peran penting. Ketika wajah sudah dilapisi dengan pelembap dan tabir surya, maka seluru tubuh harus dilindungi sedemikian rupa. Ada produk bernama handbody yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan seluruh tubuh. Handbody bisa ditemui dalam bentuk lotion, gel, bahkan krim. Kemasannya memang relatif agak besar, tapi jika mencari travel size pasti tetap masuk ke dalam pouch skincare. Handbody mampu memberikan kelembapan pada kulit, melindungi kulit, juga menutrisinya. Sering ditemui handbody yang menambahkan bahan-bahan khusus untuk menjadikan kulit tampak glowing. Selain itu, handbody bisa dijadikan wewangian yang tahan lama karena melekat pada kulit. Jika kamu ingin menggunakan handbody, kamu bisa mengaplikasikannya setelah mandi, saat tubuh masih lembap. Pada saat itu, proses penyerapannya bisa maksimal. Kamu bisa meratakan ke seluruh tubuh, mulai dari tangan, kaki, badan, leher, dan sebagainya.
Sejatinya, skincare jadi bawaan yang penting saat melakukan traveling. Kita tidak bisa membiarkan kulit rusak karena tidak terawat ketika pergi ke luar ruangan. Hanya saja, semua produk tidak perlu dibawa, cukup ambil yang sekiranya penting. Pilih travel size yang relatif mini agar mudah ditenteng kemana-mana. Kamu bisa memisahkan produk kecantikan ini ke dalam wadah khusus atau pouch agar tidak terkontaminasi dengan benda lain.